Seleksi Prakerja Gelombang 12 Diumumkan, Simak Tahapan Selanjutnya

Rabu, 3 Maret 2021 21:43

Ilustrasi Kartu Prakerja

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Resmi diumumkan hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 12, disampaikan melalui pemberitahuan Short Message Service (SMS), Rabu (3/3/2021) yang masuk ke dalam nomor telepon peserta yang terdaftar, dan juga dapat dicek langsung melalui status akun di website prakerja.go.id.

Melalui akun instagram resmi @prakerja.go.id, disampaikan mekanisme lanjutan terhadap peserta yang lolos akurasi data, agar segera mengikuti pelatihan sesuai minat dan bakat penerima Prakerja.

“Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 12. Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala,” tulis dalam pemberitahuan tersebut, Rabu (3/3/2021).

Untuk diketahui, kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, peserta yang lolos akan mendapatkan nomor kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan. Artinya, tiap akun diberikan saldo untuk membeli program pelatihan melalui platform mitra Prakerja yang telah tersedia di dashboard akun masing-masing.

Dikutip dari pemberitahuan resmi Prakerja, berikut langkah untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja:

  1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
  4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Kemudian, disebutkan bahwa untuk saat ini, pihak Prakerja masih dalam tahap pengiriman dana ke akun masing-masing peserta. Dengan demikian, dana tersebut kemudian digunakan untuk membeli program pelatihan. Hingga pelatihan selesai, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000/bulan selama 4 bulan berturut-turut.

Komentar