Subsidi Kuota Internet Belajar Berkurang, Pakar Pendidikan: Mestinya Ditingkatkan

Rabu, 3 Maret 2021 20:54

Prof Aris Munandar

Kendati demikian, apa yang pemerintah upayakan merupakan niat baik dalam mengurangi kesulitan ekonomi, lantaran pendapatan penduduk Indonesia menurun akibat masa pandemi Covid-19.

Mantan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, berharap, dalam subsidi Kouta gratis, bukan hanya pemerintah pusat yang bermain tunggal. Akan tetapi pemerintah provinsi dan kabupaten turut serta dalam menunjang PPJ. Hal itupun sudah disampaikan oleh Kemendikbud agar dapat memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Setiap provinsi maupun kabupaten mesti ikut andil dalam program ini. Dikarenakan setiap sekolah memiliki pendanaan yang berasal dari Dana BOS. Maka anggaran tersebut boleh digunakan secara fleksibel, utamanya untuk mempermudah kebutuhan masing-masing sekolah di tengah pandemi. Sehingga apabila terjadi kekurangan dalam program ini. Bisa dialih fungsikan dalam membantu program ini,” terangnya.

“Sementara saat ini relatif tidak ada pembelajaran maupun operasional pembelajaran yang dikeluarkan oleh sekolah. Maka ini digunakan saja dalam ikut mensuport, terutama kebutuhan guru dalam rangka mengembangkan pembelajaran berbasis online tersebut,” pungkas Guru Besar Pendidikan UNM itu. (MG1/Fajar)

Komentar