Disdik Makassar Dominasi Pengaduan Warga di Ombudsman

Kamis, 4 Maret 2021 20:00

Ketua Ombudsman Makassar, Andi Ihwan Patiroy

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ombudsman Makassar kembali merilis aduan masyarakat terhadap pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar selama 2020.

Ketua Ombudsman Makassar, Andi Ihwan Patiroy mengatakan total ada 97 laporan yang masuk sepanjang tahun 2020 mengenai pelayanan publik di Pemkot.

Dari data yang diterima, ada tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot yang mendapat aduan paling banyak. Mulai dari Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial (Dissos), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar.

Menurut Ihwan, banyaknya pengaduan di Disdik Makassar menyangkut proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang banyak dikeluhkan orang tua siswa.

“Terbanyak itu Disdik terkait penerimaan peserta didik baru. Dinas Sosial terkait bansos Covid-19. Dukcapil, KTP yang berlarut-larut, termasuk sempat sistem offline kemarin,” ungkap Ihwan, Kamis (4/3/2021).

Terkait aduan ini, Ihwan mengaku telah menyampaikan ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Semuanya dirangkum dalam laporan aduan tahun 2021 yang sudah diserahkan ke Danny.

“Yang kamu kami laporkan ini kinerja tahun 2020,” singkat Ihwan.

Untuk tahun 2021, pihaknya bakal mengambil sikap lebih tegas. Ombudsman akan secara langsung lebih massif turun tangan untuk menyelesaikan persoalan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

“Kami akan berkunjung untuk membantu memperbaiki sistem di situ. Memberikan usulan bagaimana perbaikan sistem yg ada di organisasi itu,” jelasnya.

Komentar