Dubes Tiongkok Sebut Hubungan dengan AS Tetap Harmonis

Kamis, 4 Maret 2021 20:49

Cui Tiankai. (Foto: South China Morning Post)

FAJAR.CO.ID — Duta Besar Tiongkok untuk Amerika Serikat, Cui Tiankai, memastikan sejauh ini hubungan Tiongkok-AS tetap harmonis dan stabil. Hubungan dijalin sesuai dengan kepentingan bersama dari kedua negara.

“Ada seribu alasan terkait hubungan Tiongkok-AS untuk lebih harmonis, tetapi tidak ada alasan yang bisa memperburuk hubungan,” kata Cui saat mengucapkan selamat atas keberhasilan penyelenggaraan Konferensi Virtual Tiongkok-AS ke-5 yakni Forum Kerja Sama Badan Legislatif Subnasional seperti dilansir dari CGTN, Kamis (4/3/2021).

Forum ini diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Rakyat Tiongkok untuk Persahabatan dengan Negara Asing (CPAFFC) dan Yayasan Pemimpin Legislatif Negara (SLLF) Amerika Serikat.

Duta Besar mencatat pentingnya forum tersebut sebagai aktivitas kelembagaan pertama dari pertukaran dan kerja sama antara Tiongkok dan AS yang telah dilanjutkan setelah pemerintahan AS yang baru menjabat.

Dalam pesan videonya, Cui mengatakan bahwa legislator lokal Tiongkok dan AS yang hadir semuanya adalah perwakilan dari masyarakat umum. Mereka telah menyatakan kesediaan yang kuat dari kedua bangsa untuk melakukan pertukaran persahabatan satu sama lain.

Dia menambahkan, pihaknya yakin melalui acara ini kedua belah pihak akan dapat lebih memahami satu sama lain dan memperdalam kerja sama karena forum tersebut telah memberikan kesempatan yang sangat penting untuk mempererat hubungan bilateral. Dia mengatakan tahun lalu memang telah banyak gejolak antara hubungan Tiongkok-AS karena pandemi.

Komentar