KPPN Makassar II Sudah Salurkan Rp458 M Dana BOS Tahun 2021

Kamis, 4 Maret 2021 17:05

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II selaku Kuasa Bendahara Umum Negara sejak tahun 2020 memperoleh tugas fungsi penyaluran Dana BOS untuk penerima di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2020, KPPN Makassar II telah menyalurkan Dana BOS untuk 29.875 sekolah senilai Rp 1.89 Triliun. Untuk tahun 2021 diperkirakan penyaluran Dana BOS akan mencapai nilai kurang lebih Rp. 1.86 Triliun.Hal ini sejalan dengan nilai alokasi tahun 2021 yang terdiri dari Dana BOS Reguler, Afirmasi dan Kinerja.

Sampai dengan tanggal 4 Maret 2021, KPPN Makassar II telah menyalurkan dana BOS Reguler Tahap I Gelombang I Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp457,99 miliar kepada 7.749 sekolah.

Pengelola Dana BOS dimaksud terdari dari jenjang tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/kejuruan baik sekolah negeri maupun swasta lingkup Provinsi Sulawesi Selatan.Penyaluran Dana BOS dilakukan langsung dari rekening Kas Umum Negara ke rekening kas sekolah dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyaluran dana BOS.

Sesuai ketentuan yang berlaku, penyaluran Dana BOS dilaksanakan berdasarkan rekomendasi penyaluran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang disampaikan kepada Menteri Keuangan c.q Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.

Kepala KPPN Makassar II, Adi Setiawan, menuturkan seluruh jajaran KPPN Makassar II berkomitmen untuk turut mewujudkan kelancaran dan ketepatan waktu penyaluran Dana BOS sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diberikan.

Komentar