Sambangi KPK, Gus Yaqut Bicara Soal Penyimpangan di Kemenag

Kamis, 4 Maret 2021 08:58

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (@gusyaqut/Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) melakukan audiensi dengan jajaran pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (3/3).

Dalam audiensi tersebut, Gus Yaqut berharap mendapatkan supervisi dari KPK terkait pencegahan korupsi sebagai upaya untuk mengurangi potensi fraud dan penyimpangan di lingkungan Kemenag.

“Menag juga menyampaikan pentingnya kerja sama pencegahan dan koordinasi supervisi dari KPK mengingat kerawanan dan potensi korupsi terkait tugas dan kewenangan Kemenag. Salah satunya terkait penyelenggaraan haji dan umroh,” kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding melalui keterangannya, Rabu (3/3).

KPK, kata Ipi, menyambut baik harapan dan maksud kedatangan Menag Yaqut untuk menguatkan program pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian Agama.

“Beberapa masukan yang disampaikan dalam diskusi antara lain agar Kemenag mengambil pelajaran dari kasus-kasus korupsi yang pernah ditangani KPK terhadap jajaran di Kemenag,” katanya.

Ipi mengungkapkan, berdasarkan catatan KPK, kasus korupsi yang paling banyak terjadi adalah pengadaan barang dan jasa. Modus lainnya terkait jual beli jabatan di lingkungan Kemenag.

“Kewenangan Kemenag khususnya dalam pengadaan barang dan jasa yang tersentralisasi seperti dalam kasus pengadaan laboratorium dan pengadaan Al-Quran dapat menjadi pembelajaran dan perlu dievaluasi,” katanya.

KPK mencatat kerawanannya dalam proses mulai dari perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaannya. Kerawanan juga disebabkan besarnya kewenangan dan kontrol Kemenag yang meliputi hingga ke daerah.

Komentar


VIDEO TERKINI