Stok Pohon Banyak, Mengendap di DLH

Kamis, 4 Maret 2021 11:49

Penghijauan di median Jalan AP Pettarani akan tetap menjadi atensi pemerintah hingga pembangunan tol layang dirampungkan...

fajar.co.id, MAKASSAR — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar boleh saja mengklaim sudah menyebar tanaman kompensasi Wika Beton, di 14 kecamatan. Hanya saja, masih banyak pohon kompensasi atas pembangunan tol layang AP Pettarani yang mengendap di instansi tersebut.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Makassar, Bahar Cambolong mengatakan, ada 7.000-an bibit untuk berbagai jenis pohon yang diberikan PT WiKa Beton. Mulai dari jenis ketapang kencana, pohon tabebuya, serta berbagai jenis pohon lain. Pohon-pohon itu disebar ke sejumlah lokasi.

Misalnya saja, kata dia, di Kecamatan Ujung Pandang. Pohon di tanam di sekitar RTH atau patung gajah. Juga, di beberapa trotoar jalan serta memperkaya pepohonan di taman macan. Lalu di Tamalanrea. Sebagian pohon ditanam di sepanjang ruas jalan menuju Tallasa City.

Lainnya, di bagian tengah sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan serta jalan kompleks Perumahan Goa Ria Sudiang. “Jadi semua tersebar di beberapa titik. Kami juga masih menyimpan stok. Cuma tidak hafal jumlahnya berapa. Pastinya kalau ada instansi atau pihak swasta, serta kelompok masyarakat yang meminta akan kami berikan,” bebernya.

Pihaknya juga menjamin, akan menghijaukan kembali Jalan AP Pettatani. Termasuk meminta agar manajemen PT WiKa Beton tetap menyiapkan spot pepohonan di beberapa titik trotoar. Jangan sampai semuanya dipangkas. Area jalur hijau tetap harus dipertahankan.

Komentar


VIDEO TERKINI