Gandeng Uzbekistan, Menparekraf Segera Luncurkan Travel Bubble

Jumat, 5 Maret 2021 18:57

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Duta Besar Uzbekistan, Mr. Ulugbek Rosukulov. (Twitter Sandiaga Uno)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Travel bubble segera menjadi celah aman untuk berwisata di masa pandemi Covid-19, hal itu menjadi bahasan dalam pertemuan Menparekraf Sandiaga Uno bersama Duta Besar Uzbekistan, Mr. Ulugbek Rosukulov, Jumat (5/3/2021).

Untuk diketahui, travel bubble merupakan lingkup perbatasan antara beberapa negara yang saling kerja sama, namun menutup akses di luar lingkaran (bubble) yang menjadi bagian kerja sama, khususnya dalam berwisata.

Mewujudkan travel bubble, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkap bahwa sebelumnya Indonesia telah bekerja sama dengan Uzbekistan di sektor pariwisata. Setelah ditelusuri, tercatat Indonesia pernah membangun MoU dengan Uzbekistan pada tahun 1995.

“Sudah saatnya kita mengaktifkan kembali kerja sama yang baru di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif antara kedua negara untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja di sektor ini. Salah satu kerjasama yang akan kita wujudkan adalah penerapan Travel Bubble,” tulis Sandi dalam akun twitter pribadinya, Jumat (5/3/2021).

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut membahas terkait pertukaran data, informasi, studi penilitian, pendidikan, pelatihan, promosi dan pertemuan, pameran dan konvensi, antar kedua belah pihak.

Lanjut Sandi, ia berharap agar kerja sama yang akan terjalin, dapat menopang eksistensi pariwisata Indonesia di wilayah Asia Tengah.

Untuk diketahui, travel bubble adalah keyakinan dan kepercayaan negara-negara yang bersepakat sebagai upaya mereka dalam menangani Covid-19 termasuk pengujian luas, pelacakan kontak, dan karantina efektif. Sehingga, sektor pariwisata tetap berjalan di masa pandemik. (mg2/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI