Kiat Atasi Kejenuhan Ajar Mengajar dalam Pembelajaran Jarak di Masa Pandemi

Jumat, 5 Maret 2021 08:43

Sejumlah pelajar melakukan registrasi kartu perdana untuk belajar online yang dibagikan di SMK Negeri 8 Jakarta, Kamis (...

FAJAR.CO.ID — Sejak wabah Covid-19 menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia, banyak aktivitas yang dilakukan secara daring, utamanya pada sektor pendidikan. Dimana siswa dan guru ditutut beradaptasi pada era digital.

Pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melaksanakan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

Dalam hal ini, mendadak digital telah sukses menguras fikiran, mental, dan kuota dari banyak siswa dan mahasiswa. Tak terkecuali bagi para tenaga pendidik dan orang tua. Namun banyak diantara perseta didik dan tenaga pendidik yang merasakan kejenuhan dalam mengahadapi PJJ ini.

UNICEF menunjukkan bahwa dari seluruh dunia 1,6 miliar pelajar terdampak pandemi. Dimana Indonesia ada 68 juta siswa, bahkan 9 juta diantaranya terancam putus sekolah selama dan setelah pandemi Selesai.

Maka dari itu, pemerintah melalui kementerian Komunikasi dan informatika (Kemkominfo), bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Siberkreasi, berupaya penuh dalam menciptakan suasana pembelajaran yang baik, agar tidak terjadi kejenuhan berkepanjangan.

Melalui upaya yang dilakukan, lewat Webinar Digital Society, bertajuk “Kiat Mengatasi Kejenuhan Ajar Mengajar Selama PJJ di Masa Pandemi” berlangsung secara live streaming dipelbagai layanan kerjasama, salah satunya akun YouTube Kemkominfo TV, Kamis (4/3/2021).

Dirjen Aptika Kemkominfo, Samuel A. Pangerapan, menyebut, dalam mengatasi kejenuhan dalam proses PJJ. Pemerintah terus berkomitmen melakukan berbagai upaya inisiatif kegiatan dalam meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Komentar


VIDEO TERKINI