KLB Ilegal PD Tidak Dibubarkan, Hinca Pandjaitan: Pemerintah Langgar Hukum dan Rusak Demokrasi

Jumat, 5 Maret 2021 06:42

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Hari ini, Jumat (5/3/2021) rencananya akan dimulai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan Jhoni Allen Marbun, Darmizal, Marzuki Alie dkk ini akan dilaksanakan sampai Minggu (7/3/2021). Kegiatan ini rencananya dihadiri Kepala KSP Moeldoko.

Pelaksanaan KLB yang dinilai ilegal oleh DPP Partai Demokrat (PD) itu mengusung agenda utama pergantian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum PD.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat Hinca Pandjaitan pun meminta pihak Kepolisian membubarkan KLB Demokrat ilegal yang tidak ada izinnya.

Mantan Sekjen Partai Demokrat itu menyebutkan sudah cek langsung ke Kapolri , bahwa penyelenggaraan KLB itu dipastikan ilegal karena Polri baik Mabes maupun Polda sama sekali tidak memberikan ijin penyelenggaraan KLB.

“Saya sudah cek barusan, penyelenggaraan KLB itu tidak ada ijinnya maka negara (polisi) harus membubarkannya demi hukum,” terang Hinca Pandjaitan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/3/2021.

“Jika tidak dibubarkan, maka negara membiarkan pelanggaran hukum itu. Kita protes keras,” sambung Hinca.

Kata Hinca, dalih urusan internal Partai Demokrat sehingga tidak bisa dibubarkan meski tidak ada ijin, dipastikan alasan ini tidak benar.

Alasan itu, lanjut Hinca tidak dapat dibenarkan oleh hukum, juga kita pastikan penyelenggaraan KLB ilegal ini justru melibatkan pihak eksternal secara sengaja dan menjadi aktor intelektualnya.

Komentar


VIDEO TERKINI