KRI SIM-367 dan119 Prajurit Berangkat ke Lebanon, Panglima TNI Beri Pesan Khusus

Jumat, 5 Maret 2021 22:02

KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367). Foto: Dispenal

FAJAR.CO.ID, BATAM- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) bersama satu unit Helikopter AS 565 Mbe Panther dalam Misi Perdamaian Dunia di Lebanon.

Pemberangkatan dua Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) TNI AL ini ditandai dengan pelepasan tali tros kapal dari Dermaga Batu Ampar Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (5/3/2021).

Pada kesempatan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan KSAL Laksamana Yudo Margono mendampingi Panglima TNI.

Program Maritime Hackathon KRI yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris ini membawa 119 prajurit. Para prajurit akan bergabung dalam Satgas Maritim Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-M UNIFIL Lebanon.

“Para prajurit akan mengemban tugas mulia,” ujar Panglima TNI.

Menurut Marsekal Hadi, keberangkatan Satgas MTF ke Lebanon menjadi bukti kesiapan operasional TNI Angkatan Laut yang tinggi.

Sebelum berangkat, para prajurit telah melewati persiapan dan pelatihan yang panjang sebagai bekal berharga dalam penugasan.

“Jaga dan tingkatkan kemampuan profesionalisme prajurit matra laut yang telah kalian miliki dengan sebaik-baiknya,” kata Panglima TNI.

Menurut Marsekal Hadi, kapal perang di seluruh dunia termasuk KRI SIM-367 berperan untuk mengemban misi diplomatik.

Menurut Hadi, saat singgah selama melaksanakan lintas laut berperan sebagai duta TNI dan duta bangsa untuk memperkukuh hubungan diplomatik antara Indonesia dengan negara-negara sahabat.Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan kapal perang TNI AL secara rutin latihan bersama-sama angkatan laut negara lain.

Komentar


VIDEO TERKINI