Siapkan SDM Berkualitas, Kemendikbud Luncurkan Kembali Program PKK dan PKW

Jumat, 5 Maret 2021 19:50

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, selalu berupaya penuh dalam menciptakan SDM berkualitas di tengah wabah penyakit pandemi Covid-19.

Melalui Direktorat Jendral Pendidikan Advokasi, dan Direktorat Kursus dan Pelatihan, (Kemendikbud), kembali melanjutkan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk pelajar vokasi.

Program pendidikan vokasi yang fokus pada pengembangan keterampilan kerja dan kemampuan berwirausaha ini. Telah berjalan sejak 2020 dan kembali dirilis pada tahun 2021. Sehingga melalui program ini, menjadi solusi dalam mengangkat kondisi ekonomi yang tengah terpuruk di masa pandemi.

Dalam peluncuran program ini, melalui Zoom Meeting. Bertajuk “Menyaiapkan SDM Berkualitas di Era Normal Baru” ditayangkan secara live streaming di akun YouTube Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi. Jumat (5/3/2021).

Dirjen Pendidikan Advokasi, Wikan Sakarinto, menyebut, program PKK dan PKW tahun lalu berjalan dengan baik dan berhasil menciptakan lulusan yang saat ini telah bekerja di beberapa tempat. Serta ini merupakan salah satu program prioritas yang diciptakan untuk mendukung prioritas Presiden Joko Widodo dalam visi pembangunan manusia.

“Keberhasilan dalam program pendidikan vokasi ini tahun lalu. Menjadi acuan untuk ditingkatkan secara luas. Dimana pemerintah tidak hanya berfokus pada sekolah formal. Namun kita juga fokus pada sekolah non-formal. Sehingga diharapkan bersinergi secara erat dengan industri dan dunia kerja, termasuk dalam segi peningkatan kerja sama dengan UMKM maupun industri besar,” tutur Wikan Sakarinto.

Komentar


VIDEO TERKINI