Tetap Terkendali, BI Catat Inflasi Sulsel 0,33 Persen

Jumat, 5 Maret 2021 17:53

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Indonesia mencatat inflasi Sulsel bulan Februari 2021 tetap terkendali dan sesuai terget, meskipun sedikit ada peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Diketahui, inflasi bulan Februari 2021 tercatat sebesar 0,33% (mtm) sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,29% (mtm).

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto mengungkap bahwa secara bulanan, inflasi Sulsel dipengaruhi terutama pada kelompok makanan, minuman dan tembakau yang mengalami inflasi sebesar 0,84% (mtm) serta kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga dengan inflasi sebesar 0,24% (mtm) dan kelompok transportasi dengan inflasi sebesar 0,21% (mtm).

“Inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau dipengaruhi dengan kenaikan harga komoditas yaitu cabe rawit dan ikan bandeng. Peningkatan harga cabe rawit diprakirakan karena meningkatnya permintaan serta terbatasnya pasokan karena tertundanya jadwal panen dan kenaikan harga ikan bandeng dipengaruhi berkurangnya pasokan karena panen dini pada akhir tahun 2020,” ungkap Budi dalam siaran pers inflasi Sulsel, Jumat (5/3/2021).

Sementara itu, Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga dipengaruhi kenaikan upah asisten rumah tangga diprakirakan karena penyesuaian tahunan.

Selanjutnya, kelompok transportasi dipengaruhi kenaikan tarif angkutan udara diprakirakan karena meningkatnya permintaan serta pengaruh adanya libur panjang.

Inflasi tahunan Sulsel tetap terkendali. Secara tahunan, Inflasi Sulsel pada Februari 2021 tercatat 1,59%(yoy) lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 1,70%(yoy).

Komentar