Ujian CPNS dan PPPK 2021, Ini Penjelasan Terbaru Kepala BKN

Jumat, 5 Maret 2021 09:01

BERBASIS KOMPUTER: Para peserta CPNS saat mengikuti test SKB di Solo belum lama ini. (BKD BLORA FOR RADAR KUDUS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seleksi aparatur sipil negara (ASN) baik CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), tahun ini akan digelar dengan sistem computer assisted test (CAT) berbasis online.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, cara tersebut dilakukan karena saat ini masih masa pandemi COVID-19.

“Untuk seleksi tahun ini BKN masih tetap menyediakan sistem CAT berbasis online secara keseluruhan yang diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan,” kata Bima Haria di Jakarta, Kamis (5/3).

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan, Bima Haria menyebutkan BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya.

Untuk pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri, BKN akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

“Pada seleksi CPNS 2019, BKN bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanaan ujian di 15 negara,” ucapnya.

Dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima meminta agar penyusunan soal-soal ujian khususnya soal seleksi kompetensi bidang (SKB) segera dimutakhirkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional sesuai dengan kewenangannya.

Begitu juga soal ujian untuk seleksi PPPK, dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antarwilayah.

Sementara untuk penyusunan soal seleksi kompetensi dasar (SKD), Bima menyebutkan saat ini sedang difinalisasi oleh konsorsium perguruan tinggi.

Komentar