Selami Harta Karun Peradaban Danau Matano, Cocok Jadi Tempat Pelarian

Sabtu, 6 Maret 2021 10:34

Danau Matano (Dok Instagram)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Traveler, tahukah kamu di Sulawesi Selatan memiliki danau berpredikat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara, dan menduduki peringkat terdalam kedelapan di dunia.

Danau yang terletak di kecamatan Nuha, desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur itu memiliki kedalaman sekitar 590 meter atau 1.969 kaki dari permukaan laut. Luasnya 164 Km persegi atau peringkat kelima danau terluas di Indonesia.

Inilah Danau Matano. Danau yang terbentuk dari ribuan mata air yang sebagian berada di bawah danau dan bukan aliran anak sungai ini tidak akan mengalami kekeringan walaupun di musin kemarau.

Matano dikelilingi pegunungan bebatuan menjadikan tempat ini surga yang selalu dirindukan.

Airnya begitu jernih kadang mata akan bisa langsung melihat pemandangan bebatuan dan ikan yang berlalu lalang di dasar danau.

Danau ini sangat recomended untuk kamu yang hobi berenang dan menyelam. Terlebih flora dan fauna dengan 6 spesies kerang, 3 spesies kepiting, 6 spesies udang dan 10 spesies ikan bersirip tajam siap memanjakan mata kamu.

Untuk flora, Matano memiliki 7 spesies tanaman endemik. Hal itulah yang menyebabkan destinasi ini ramai dan wajib dikunjungi bersama keluarga dan kerabat jika sedang melancong di tanah celebes.

Uniknya sebagian dari hewan tersebut tidak akan dijumpai di danau-danau lain yang ada di Indonesia. Di danau ini ada species hewan endemik yang khas, namanya ikan purba.

Komentar


VIDEO TERKINI