Damkar Kota Makassar Kekurangan Personil, Dewan Minta Rekrutmen Tenaga Kontrak Dipercepat

Minggu, 7 Maret 2021 17:26

Wakil Ketua Komisi D DPRD Makassar, Fatma Wahyuddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rekrutmen tenaga honorer di lingkup Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dibatalkan dan harus diulang. Keputusan tersebut diambil karena terdapat banyak kekeliruan terkait mekanisme dan teknis pendaftaran tenaga honorer.

Mulai dari syarat formalistik, semisal tidak adanya SK panitia penyelenggara, sampai tidak dilibatkanya BKPSDM dan Inspektorat dalam proses rekrutmen. Alhasil, para calon tenaga honorer yang sudah mendaftar mendesak ganti rugi materil maupun non materil.

Wakil Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyuddin meminta agar rekrutmen ulang tersebut secepatnya dapat diselenggarakan lantaran kebutuhan tenaga kontrak Damkar kota sudah sangat mendesak.

“Lebih cepat lebih baik karena ini darurat, tapi jangan sampai kayak kemarin tidak sesuai, tidak memenuhi persyaratan,” ujarnya, Minggu (7/3/2021).

Sebelumnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi D dan SKPD, Plt Kepala Damkar Kota Makassar Hasanuddin menyatakan pihaknya telah membatalkan proses rekrutmen tersebut.

“Iya dibatalkan karena ada syarat dan kekeliruan administrasi, berbagai prosedur tidak dilengkapi,” katanya.

Dalam waktu dekat, Damkar akan kembali melakukan rekrutmen ulang dengan sistem berbeda yaitu daring.

Hanya saja Hasanuddin belum bisa memastikan kapan pendaftarannya dibuka karena masih menunggu kelengkapan keseluruhan prosedur yang diminta.

Sementara jumlah pendaftar sebelumnya dilaporkan mencapai 1.200 orang, Hasanuddin mengaku masih akan mengkaji pendaftaran tersebut termasuk adanya indikasi kerugian pihak pendaftar.

Komentar


VIDEO TERKINI