Kekerasan Seksual Masif di Perguruan Tinggi, Nadiem Makarim Bakal Buat Permendikbud

Senin, 8 Maret 2021 19:23

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (JawaPos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) guna menangkal terjadinya kekerasan seksual yang kerap terjadi di perguruan tinggi.

Mendikbud Nadiem Makarim, menyebut, kekerasan seksual masih kerap terjadi pada pendidikan khusus perguruan tinggi.

“Ini merupakan mekanisme terbaik untuk menindaklanjuti kasus kekerasan seksual. Juga bakal mencegah terjadinya kasus intoleransi, kekerasan seksual dan perundungan yang masuk ke dalam tiga dosa besar di dunia pendidikan,” tutur Nadiem, di akun YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI, Senin (8/3/2021).

Dalam Webinar bertajuk “Perempuan Pemimpin dan Kesetaraan Gender” itu, Permendikbud akan dibuat dengan penuh kehati-hatian. Tetapi akan merancang peraturan ini dengan teliti agar aturan tersebut dapat diimplementasikan dengan baik.

“Peraturan Menteri untuk perguruan tinggi dan mekanisme tersebut kami rancang dengan penuh hati-hati dan pertimbangan, agar pelaksanaannya nanti dapat berjalan secara tepat sasaran. Sehingga sesuai dengan harapan kita bersama,” terang Nadiem.

“Tetapi perlu diingat, bawah kami hanya akan menjadi satu ombak kecil, ditengah upaya menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perempuan. Sehingga perlunya kesadaran bersama dalam menebus dosa besar pada pendidikan,” tambahnya.

Sementara, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Chatarina Muliana, menyebut, perempuan memiliki hak yang sama menjadi seorang pemimpin seperti yang dimiliki kaum laki-laki.

“Super woman itu mereka dapat melakukan apa saja pada posisi saat ini. Jadi mereka harus memiliki sikap percaya diri. Sehingga bisa melakukan apa yang diinginkan,” kata Chatarina.

Komentar


VIDEO TERKINI