Pemerintah Impor Beras 1 Juta Ton

Senin, 8 Maret 2021 12:21

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID — Pemerintah memastikan akan melakukan impor beras sebanyak 1 juta ton. Impor dilakukan agar ketersediaan pangan saat memasuki Ramadan dan Lebaran tetap terjaga dan menghindari lonjakan harga.

Alokasi impor beras terbagi menjadi dua, yakni masing-masing 500 ribu ton untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan 500 ribu ton sesuai kebutuhan Bulog.

Mengenai impor beras, Ketua Dewan Nasional Pembaruan Agraria, Irwan Nurdin meminta pemerintah mewaspadai adanya mafia pangan. Pasalnya, dia mencurigai bahwa kebijakan perberasan Tanah Air telah dikontrol mafia pangan.

“Saya curiga kebijakan perberasan kita telah dikontrol oleh mafia pangan. Sebab seluruh energi dan kerja keras pemerintah menggenjot produksi bahkan inovasi pertanian lainnya seolah hilang ketika setiap tahun jutaan ton beras harus diimpor. Sama ketika kebijakan membangun waduk, cetak sawah, kartu tani belum dirilis,” ujar Iwan dalam keterangannya, kemarin (7/3).

Apalagi, lanjut Iwan, saat ini petani sedang memasuki panen raya. Tentu saja impor pangan akan merugikan petani karena harga jual hasil panen di tingkat petani menjadi anjlok. Sebaliknya, kondisi ini akan menguntungkan importir pangan.

Bagikan berita ini:
3
6
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar