Jawab Rumor Anggaran Rp20 Miliar untuk Kongres Bersama KNPI, Ini Penjelasan Kemenpora

Selasa, 9 Maret 2021 17:38

Ilustrasi anggaran

FAJAR.CO.ID — Rumor berupa rencana Kongres Bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dibiayai Kemenpora Rp20 miliar dibantah oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh.

“Namanya rumor ya, ini dari mana sumbernya, kan aneh ini,” katanya, Selasa (9/3). Menurut Ni’am, anggaran asisten kedeputian yang mengurusi kepemudaan tak sampai Rp20 miliar di 2021.

“Anggaran asisten deputi yang tangani urusi organisasi kepemudaan dan kepramukaan untuk 2021 itu Rp18,9 miliar. Ini termasuk di dalamnya manajemen, Kwarnas Pramuka, Kepelajaran, Kemahasiswaan, Kepemudaan, dan lainnya,” ucap dia.

Memang, anggaran belasan miliar untuk Asisten Deputi Kepemudaan dan Kepramukaan tak melulu berfokus ke satu bidang. Belum lagi, anggaran Rp18,9 miliar itu juga dibagi untuk kegiatan Hari Sumpah Pemuda dan kepramukaan. “Kalau disebut sampai Rp20 miliar, saya enggak tahu itu dari mana sumbernya,” terang dia.

Ni’am juga berpesan, karena baru sebatas rumor dan tak jelas sumbernya, maka diperlukan kebijakan dari masyarakat dalam bermedia sosial.

“Bijaklah di media sosial, jangan semua yang didengar dipercaya. Jangan yang didengar disebar, karena ada risiko hukum dan moral, perlu ditelaah dulu kebenarannya,” tutur pria yang juga Ketua Komisi Fatwa MUI tersebut.

Sebelumnya, Ni’am menjelaskan dalam sebuah pernyataan di media sosial bahwa Haris Pertama, Ketua KNPI yang diturunkan, meluncurkan pernyataan sebagai berikut.

Komentar


VIDEO TERKINI