Bus Wisata Metro Kota Terancam Mangkrak, Kasrudi: Jadi Besi Tua

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Bus Wisata Metro Kota yang diluncurkan di era Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin terancam terbengkalai karena tidak sesuai regulasi Kementerian Perhubungan RI.

Anggota Komisi A bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Makassar Kasrudi mengaku telah mengingatkan sejak awal bahwa bus wisata tersebut berujung mangkrak karena minim kajian di awal.

"Pasti mangkrak, jadi besi tua. Ini tidak efektif, cuma menghamburkan uang rakyat sebenarnya," ucapnya, Rabu (10/3/2021).

Kader Gerindra itu juga menyesalkan seharusnya ketika Bus Wisata itu digagas, Rudy Djamaluddin membuat kajian terlebih dulu dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Sehingga di kemudian hari tidak sia-sia. Apalagi ini menggunakan anggaran daerah, milik rakyat.

"Jangan dibuat baru kemudian minta izin, akhirnya anggaran terbuang percuma, ini uang rakyat harus dipertanggung jawabkan," ketusnya.

Diketahui, Bus Wisata Metro Kota merupakan hasil recycle atau daur ulang dari mobil sampah Tangkasaki. Pada akhirnya bus wisata yang dilaunching pada Desember 2020 lalu itu dianggap tidak sesuai regulasi dari Kementerian Perhubungan RI yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No.55/2019 tentang kendaraan pasal 59.

Salah satu pertimbangannya kondisi geografis dan prasarana jalan yang belum memadai. Tak hanya itu, persoalan keamanan, sosial hingga keadaan darurat juga dinilai tidak memadai.

Sehingga, Kemenhub melarang kendaraan tersebut untuk beroperasi melalui surat tanggapan yang ditandatangani Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi pada 15 Februari lalu. (endra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan