Elevasi Bendungan di Atas Normal, Anak-anak Sekitar Bantaran Sungai Malah Asyik Berenang

Rabu, 10 Maret 2021 15:33

Masuk Status Waspada, Anak-anak Sekitar Bantaran Sungai Malah Asyik Berenang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sejumlah anak-anak yang bermukim di Jalan Malengkeri 3, Kota Makassar tampak menikmati banjir yang menggenang rumah mereka, sejak Rabu dinihari (10/3/2021) pukul 02.00 WITA.

Ketinggian air setinggi paha orang dewasa di bantaran Sungai Jeneberang itu justru dianggap sebagai wahana bermain dan berenang bagi para anak-anak di sana.

Mereka sama sekali tidak menampilkan rasa takut atas peristiwa banjir yang hampir terjadi setiap tahun itu, dan menganggap peristiwa itu sudah menjadi hal yang biasa.

Meski tetap asyik bermain dan berenang, sejumlah warga lain tetap memantau agar anak-anak tersebut tidak sampai berenang di tempat yang lebih dalam. Seperti di permukaan sungai yang telah meluap.

“Kalau yang di sekitar sungai yang meluap itu sudah sangat dalam. Kami pun juga enggan ke sana. Apalagi anak-anak. Jadi kami imbau untuk tidak ke sana,” kata warga, Muhajir, 38 tahun di lokasi.

Terkait penyebab banjir sendiri, kata Muhajir, hal itu terjadi karena hujan yang terus mengguyur sejak beberapa hari terakhir hingga sungai Jeneberang meluap.

Tak hanya itu saja, elevasi Bendungan Bili-bili saat ini pukul 13.40 WITA sudah sampai di angka 100,24 MDPL. Artinya, angka tersebut sudah berada di atas batas normal yang ditetapkan yakni 99,50 MDPL.

Sementara rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada hari ini, hujan sedang hingga ringan diperkirakan masih akan terjadi sejak siang hingga sore hari, hampir di seluruh wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Sedangkan berawan di wilayah Enrekang, Pinrang, Sidrap, Sengkang, dan Selayar. (Ishak/fajar)

Bagikan berita ini:
7
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar