Masa Depan Industri dan Insan Perfilman Indonesia Kini Ada di Tangan Jokowi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Marcella Zalianty bersama sineas film lainnya menghadiri undangan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). Pertemuan ini merupakan respon cepat Jokowi didamping Menparekraf Sandiaga Uno dalam menyambut surat terbuka para insan film tanah air.

Selain Marcella, juga hadir produser film Manoj Punjabi, Joko Anwar, Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, hingga Lukman Sardi.

Bintang film Rectoverso itu menuturkan kedatangannya ke Istana mewakili asosiasi dan pelaku perfilman tanah air untuk menyampaikan kegelisahan secara langsung atas kondisi nyata yang dialami industri film dan para pelaku film akibat dampak besar dari pandemi.

Mereka juga meminta dukungan pemerintah dengan kementerian terkait di Kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan berupa paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan.

“Kami apresiasi upaya pemerintah dalam membangkitkan gairah film indonesia dengan dicabutnya film Indonesia dari DNI (daftar negative investasi) 2016,” tutur Marcella Zalianty dilansir dari laman Instagramnya, Rabu (10/3/2021).

“Namun saat ini kondisi perfilman Tanah air terkena Pukulan Keras akibat pandemi, tidak hanya industri tapi begitu banyak pekerja di dalamnya mulai dari profesional, formal Sampai nonformal yang menggantungkan hidupnya dari film ke film,” keluhnya kemudian.

Menurutnya, keberlangsungan produksi dan distribusi film pun terancam. Oleh karenanya bantuan dan kebijakan strategis dari pemerintah untuk menyelamatkan perfilman Indonesia menjadi urgensi semua pihak di dalamnya saat ini.

  • Bagikan