Terima Suap Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo Divonis 3 Tahun 6 Bulan,

Rabu, 10 Maret 2021 15:09

Mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Kakorwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri Brigjen Pra...

Prasetijo dinilai terbukti memerintahkan Kasubag Kejahatan Umum Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri Brigadir Junjungan Fortes untuk membuat konsep surat permohonan yang akan disampaikan ke istri Djoko Tjandra yaitu Anna Boentaran, yang ditujukan ke Kadivhubinter Polri, yang dalam suratnya Anna meminta konfirmasi “red notice” status Djoko Tjandra.Kemudian Prasetijo memberikan konsep surat tersebut kepada Tommy Sumardi.

Selanjutnya Prasetijo memberikan alamat Anna Boentaran kepada Junjungan Fortes untuk mengirim surat balasan dari Divhubinter ke Anna Boentaran.Prasetijo pun memerintahkan Junjungan Fortes mengirim informasi terkait surat-surat yang dikeluarkan Divhubinter status red notice DPO Djoko Tjandra untuk selanjutnya disampakan ke Tommy Sumardi yang melakukan pengurusan ke Ditjen Imigrasi.

Penyerahan uang dilakukan dalam dua kali pemberian yaitu pada 27 April 2020 melalui rekan Djoko Tjandra bernama Tommy Sumardi USD 50 ribu di gedung TNCC Polri. Selanjutnya pada 7 Mei 2020 Tommy kembali memberikan USD 50 ribu kepada Prasetijo di sekitar kantor Mabes Polri.Namun Prasetijo hanya mengakui menerima USD 20 ribu dari Tommy. “Terdakwa mengakui menerima 20 ribu dolar AS yang diberikan oleh Tommy Sumardi namun mengaku sama sekali tidak tahu uang tersebut untuk memeriksa status ‘red notice’ Djoko Tjandra dan menghapus DPO Djoko Tjandra di Imigrasi karena tidak punya kewenangan pengurusan surat Dibhubinter Polri,” kata anggota Majelis Hakim Joko Soebagyo.

Bagikan berita ini:
8
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar