Hujan Es Kembali Terjadi di Jogjakarta

Kamis, 11 Maret 2021 09:21

Seorang anak memperlihatkan butiran es setelah terjadi hujan es di Jogjakarta. (Muhammad Arif Prib/Antara)

FAJAR. CO. ID,  JOGJAKARTA –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta menyebutkan hujan es terjadi di sebagian wilayah Kota Jogjakarta dan Kabupaten Bantul, pada Rabu (10/3) sore.

”Hujan es kali ini terjadi di Kota Jogjakarta dan Bantul antara pukul 15.00 sampai 16.00 WIB,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Reni Kraningtyas seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Menurut Reni, sejak awal tahun ini, hujan es sudah terjadi sebanyak lima kali di Jogjakarta. Yakni pada 1 Februari, 27 Februari, 2 Maret, 3 Maret, dan 10 Maret.

Berdasar laporan yang diterima BMKG, di kawasan Kota Jogjakarta hujan es terjadi di kawasan Malioboro, Nitikan, Taman Siswa, Mergangsan, Gambiran, Sindunegara, Glagahasri, Jalan Veteran, Sosrowijayan, serta Kota Gede. Sedangkan di Kabupaten Bantul, hujan es terjadi di Kecamatan Sewon, Kasihan, Banguntapan, serta Krapyak.

Reni menjelaskan, hujan es terjadi karena adanya pengangkatan massa udara yang hangat, lembap, dan labil ke atmosfer. Berikutnya, pemanasan sinar matahari yang intensif dari pagi sampai siang hari menyebabkan terbentuknya awan konvektif yaitu awan cumulonimbus (Cb). (jpc)

Komentar


VIDEO TERKINI