4 Juta Pelamar Rebutan Kursi CPNS, Ada Peluang bagi Lulusan SMA dan SMK

Jumat, 12 Maret 2021 09:35

ILUSTRASI. Pendaftaran CPNS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Calon pelamar pegawai negeri sipil (CPNS) sudah boleh bersiap. Pemerintah akan segera membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) penerimaan diperkirakan dimulai pada Mei 2021.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, estimasi jumlah pendaftar seleksi CPNS 2021 sebanyak 4 juta orang. Angka tersebut merupakan perkiraan peserta yang bakal mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Lalu, apa saja syarat yang harus disiapkan? Simak selengkapnya syarat-syarat pendaftaran CPNS berikut ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerjasama BKN Paryono mengatakan, tahapan seleksi CPNS 2021 tidak jauh berbeda dengan rekrutmen CPNS di tahun sebelumnya.

Kendati begitu, proses seleksi tetap menunggu keputusan yang diatur melalui Peraturan Menteri PANRB (Permenpan RB). “Iya, proses tidak jauh berbeda (dengan CPNS 2019). Tapi kita harus nunggu Permenpan RB,” kata Paryono.

Paryono menambahkan, ada peluang untuk bagi yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa mendaftar CPNS. Namun hal itu tergantung keputusan dari Kementerian PAN RB. “Belum tahu karena kita masih menunggu penetapan formasi dari Kemenpan RB ,” ujar Paryono, di Jakarta.

Kata dia, untuk pendaftaran dan syarat CPNS tidak akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini mengingat, CPNS 2021 sangat ditunggu oleh masyarakat. “Kalau syarat-syarat kemungkinan masih sama,” tandasnya.

Komentar