Pemerintah Sahkan KLB PD, Ini yang Bakal Terjadi Antara SBY dan Jokowi

Jumat, 12 Maret 2021 17:26

Jokowi bersama SBY. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pengamat Politik Jamiluddin Ritonga memprediksi hubungan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan tambah memanas.

Itu jika Presiden Jokowi mengesahkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) versi kubu Moeldoko melalui Menteri Hukum dan HAM, Yasona Loaly.

“Bisa saja hubungan SBY dan Pak Jokowi memanas bila Jokowi mengesahkan hasil KLB melalui Menkumham,” ujarnya kepada Pojoksatu.id di Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Menurut Jamiluddin, kalau hal tersebut benar-benar terjadi maka akan berdampak kepada konstelasi politik nasional.

“Panasnya hubungan SBY dan Jokowi akan membahayakan kondusivitas politik nasional,” kata Dosen Universitas Esa Unggul itu.

Lebih jauh, Jamiluddin menyebutkan bahwa hal tersebut juga akan memicu panasnya hubungan antara pengikut kedua tokoh itu.

“Suka tidak suka, baik Jokowi maupun SBY sama-sama memiliki banyak pengikut akan semakin kacaulah politik nasional,” jelasnya.

Kekacauan itu akan makin meluas, tambah Jamiluddin, bila kelompok pro demokrasi turut terlibat.

“Pihak pro demokrasi tampaknya lebih berpihak kepada Partai Demokrat,” ungkap pengajar mata kuliah Isu Krisis dan Manajemen itu.

“Keberpihakan mereka karena mereka melihat ancaman demokrasi di Indonesia begitu nyata. Mereka ini, selain militan, juga memiliki basis massa yang sangat besar,” sambungnya.

Jadi, ungkapnya, kalau hubungan SBY dengan Jokowi memanas, dikhawatirkan terjadi eksklasi kekacauan politik dalam jangka panjang.

Komentar


VIDEO TERKINI