Tidak Siap Tangani Banjir, Kepala Dissos dan BPBD Diperiksa Inspektorat

Jumat, 12 Maret 2021 19:56

Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kinerja Dinas Sosial (Dissos) Makassar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar yang lamban menangani banjir berbuntut pemeriksaan Inspektorat.

Kepala Inspektorat Makassar, Zainal Ibrahim mengatakan, pihaknya telah memeriksa Kepala Dissos, Mukhtar Tahir dan Kepala BPBD, Muh Rusli, siang tadi.

“Iya sudah diperiksa, tadi jam 14.00 WITA,” singkat Zainal, Jumat (12/3/2021).

Kata Zainal, keduanya diperiksa terkait penanganan banjir yang lamban. Ada indikasi tidak siap terhadap penanggulangan bencana di lokasi banjir.

Tidak ada dapur umum dan tidak ada posko, sehingga tidak ada yang mengurus korban terdampak banjir. Hal itu yang membuat Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto geram.

“Ada indikasi tidak siap terhadap penanggulangan bencana di lokasi kemarin, khusus di perumahan Kodam III dan Manggala. Tidak ada dapur umum, tidak ada posko, jadi tidak ada yang urusi masyarakat di bawah,” beber Zainal.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, geram dengan lambannya kinerja Kepala Dissos, Mukhtar Tahir dan Kepala BPBD, Muh. Rusli dalam menangani banjir yang terjadi kemarin. Dampaknya mereka diistirahatkan dari jabatannya.

“Kemarin, BPBD sama Dissos. Karena di lapangan seperti itu, sangat mengecewakan kinerjanya,” ujar Danny.

Kata Danny, dirinya sudah memerintahkan kedua OPD tersebut untuk bersiap menangani banjir, namun fakta di lapangan tidak sesuai. Dapur umum tidak siap dan evakuasi korban banjir dinilai lamban. Sehingga banyak masyarakat mengeluh.

Komentar


VIDEO TERKINI