Pelaku Bisnis Tembakau Sintesis Mengaku Belajar Meracik dari Sosmed

Sabtu, 13 Maret 2021 21:38

Para pelaku yang ditangkap polisi.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lima orang remaja kini mendekam di jeruji besi Polrestabes Makassar. Bukan tanpa alasan, mereka ditangkap karena tertangkap basah menguasai tembakau sintesis sebanyak satu kilogram.

Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Indra Waspada Yudha, mengatakan, pelaku yang ditahan berinisial MF, 19 tahun, MFA, 19 tahun, IZ, 20 tahun, VI, 16 tahun dan MI, 19 tahun. Mereka ditangkap di Jalan Toa Daeng dan di Jalan Abd Daeng Sirua, Makassar, pada Kamis (11/3/2021) lalu.

Kepada polisi pula, pelaku MF, MFA, IZ mengaku belajar cara meracik tembakau sintesis secara otodidak. Seluruh bahan pembuatan barang haram itu pun ia siapkan dan memulai bisnis haramnya di sebuah indekos di Jalan Abd Daeng Sirua.

“Jadi cara meracik itu dari sosmed. Dia meracik sendiri. Campurannya alkohol, tembakau biasa, dan bibit. Lalu dia jual ke sosmed sejak dua bulan lalu,” kata Kompol Indra di kantornya, Sabtu (13/3/2021).

Sementara peran dari pelaku VI dan MI, mereka menjadi kurir yang siap mengantarkan pesanan tembakau sintesis. Setelah itu, barang yang dipesan disimpan di suatu tempat agar tidak menjadi perhatian masyarakat.

“Keduanya juga pemakai. Jadi barang ini dijual dengan harga bervariasi. Tergantung banyaknya,” jelas perwira polisi satu melati ini.

Diketahui, terbongkarnya bisnis haram ini berawal saat VI dan MI tertangkap di Jalan Toa Daeng, pada Kamis, (11/3/2021) kemarin. Polisi menemukan 57 saset berisi tembakau sintesis.

Bagikan berita ini:
7
8
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar