Pemprov Sulsel Usul 9.493 Formasi Guru PPPK, Penetapan Kuota Bulan Depan

Sabtu, 13 Maret 2021 09:44

Ilustrasi Guru. Foto: Faisal R Syam/FAJAR INDONESIA NETWORK

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan, Imran Jausi mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan 9.493 formasi Pegawai Pemerinatah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru tahun anggaran 2021.

Pengusulan formasi guru sebanyak itu khusus untuk program sejuta guru dari Kementerian Pendidikan RI.

Lebih lanjut, kata Imran, saat ini ia masih menunggu informasi terkait pelaksanaan termasuk petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Namun tahapannya Insya Allah dimulai bulan depan untuk penetapan kuota dan formasi,” kata Imran, kepada Fajar.co.id, Sabtu (13/3/2021).

Setelah kuota dan formasi ditetapkan, maka akan masuk pada tahap pendaftaran yang dilanjutkan dengan test/seleksi.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa kemungkinan tahun ini pendaftaran PPPK Guru bukan hanya untuk para honorer yang terdaftar di Dapodik, tapi juga para alumni yang baru lulus (freshgraduate).

“Saya kira, mungkin nanti kejelasan dan kepastiannya setelah ada juknisnya. Kami juga cuma dapat info lisan terkait hal ini (pembukaan bagi freshgraduate, red), bahwa peruntukan formasi PPPK tidak hanya untuk honorer tapi juga untuk fresh graduate,” jelasnya.

Berdasarkan data dari BKD, Tenaga Guru khusus pendidikan agama telah diusulkan 91 formasi PPPK. Tenaga Kesehatan yakni 112 formasi CPNS dan 36 formasi PPPK. Sedangkan Tenaga Teknis diusulkan 389 formasi CPNS dan 385 formasi PPPK. (mg10/fajar)

Komentar