Hamka B Kady: Pancasila Cegah Lahirnya Pembenci dan Penghujat

Minggu, 14 Maret 2021 10:35

Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Indonesia, sebuah negara kepulauan yang luas terdiri dari 17 ribu pulau lebih menyebar dari Sabang sampau Merauke, didiami 200 juta lebih penduduk terbagi atas 1.340 suku bangsa dengan beragam bahasa, warna kulit, agama, kepercayaan, serta budaya, namun landasan berdirinya negara sangat kuat tidak mudah tercerai berai.

Itu karena bangsa ini dilandasi dengan dengan 4 Pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Namun beberapa tahun terakhir, ideologi bangsa ini tengah diuji. Mulai dari maraknya paham radikalisme, intoleran hingga ujaran kebencian yang bertebaran di media sosial. Jika dibiarkan kesatuan bangsa ini diyakini bakal tergerus.

Hal tersebut dipaparkan Anggota DPR RI Hamka B Kady (HBK) di hadapan ratusan konstituennya. Ia menyerukan pentingnya mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai Warganegara Indonesia.

“Yang terpenting selain menghapal pancasila adalah dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini perlu agar tidak tercipta masyarakat yang radikal dan intoleran. Pembenci dan penghujat. Salah satunya yaitu dimulai dari keluarga kecil kita di rumah, dengan mendidik anak-anak kita untuk mengamalkan Pancasila,” paparnya di Makassar, Sabtu (13/3/2021).

Dijelaskan, 4 pilar kebangsaan harus jadi pedoman dalam bernegara. Bila salah satu rukun itu diingkari maka negara ini bisa bubar. Untuk itu warga negara wajib menjalankan rukun bernegara agar bangsa ini tetap kokoh dan kuat sepanjang masa.

Bagikan berita ini:
10
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar