Ingatkan Jokowi soal Masa Jabatan Presiden, Politikus PAN: Sejarah akan Mencatat Nanti

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Gusparni Gaus mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar bisa menjadi seorang negarawan.

Salah satunya dengan tidak mengeluarkan indikasi yang menyebabkan masyarakat salah persepsi terkait adanya dugaan wacana masa jabatan presiden tiga periode.

Isu ini kembali mengemuka Amien Rais menuding Istana tengah menyiapkan wacana presiden tiga periode.

“Jangan ada indikasi yang menyebabkan orang menimbulkan persepsi terhadap adanya keinginan, apakah dari pak presiden sendiri ataupun dari orang lingkarannya,” katanya kepada RMOL, Minggu (14/3/2021).

Guspardi mengingatkan, buah dari reformasi itu adalah mengubah UUD.

Salah satu di antaranya adalah bagaimana membatasi masa jabatan presiden agar tidak seumur hidup, tetapi cukup dua periode saja.

“Reformasi ini jangan dicederai oleh apakah kepentingan kelompok orang dekat presiden atau presiden itu sekalipun,” ingatnya.

Karena itu, legilator asal Sumatera Barat ini meminta Jokowi agar kembali bersuara terkait polemik dugaan adanya wacana presiden tiga periode.

Hal itu akan memberi penilaian bahwa Presiden Jokowi adalah negarawan dan meninggalkan legasi yang baik.

“Sejarah akan mencatat nanti,” tandasnya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengaku heran dengan Amien Rais yang melontarkan tudingan tersebut.

Pasalnya, wacana presiden tiga periode itu sebelumnya juga sudah pernah dibantah langsung oleh Jokowi.

  • Bagikan