Bandara Buntu Kunik dan Tol Layang AP Pettarani Diinisiasi SYL, Diresmikan Jokowi

Rabu, 17 Maret 2021 22:58

Jalan tol layang AP Pettarani. (INT)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dua proyek prestisius yang diinisiasi oleh Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Yakni Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, dan Jalan Tol Layang AP Pettarani.

Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, dirintis sejak tahun 2010. Pembangunan bandara ini dilatarbelakangi oleh perencanaan pengembangan industri pariwisata di Toraja. Destinasi Toraja akan semakin berkembang jika bandara Buntu Kunik sudah rampung, sebab selama ini animo wisatawan mancanegera untuk berkunjung ke Toraja sangat besar, hanya karena sulitnya akses lewat udara, mereka terpaksa berpaling ke daerah tujuan wisata lain.

Syahrul pernah merintis pengembangan pariwisata yang berakses dari Bali ke Toraja, menandatangani naskah kesepakatan dan perjanjian kerja sama kebudayaan dan pariwisata dengan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, di Denpasar.

Sayangnya, wisatawan umumnya mengeluh untuk berkunjung ke Toraja. Sebab dari Bali, mereka harus ke Bandara Sultan Hasanuddin, lalu menempuh perjalanan darat yang melelahkan sejauh lebih 320 kilometer.

Kuncinya adalah bandara, harus segera diselesaikan. Paling tidak, tersedia bandara yang dapat didarati pesawat boeing, sehingga wisatawan dari Bali bisa lanjut ke Toraja.

Untuk pembangunan bandara ini, tentu tidak mudah. Syahrul harus bolak balek menemui Menteri Perhubungan ketika itu. Hingga akhirnya disepakati, pemerintah pusat mendanai bandara tersebut, sedangkan pembebasan lahannya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja.

Bagikan berita ini:
9
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar