Kecanduan Kopi, Ini Efek Negatif bagi Kesehatan

Rabu, 17 Maret 2021 08:50

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Kecanduan kopi adalah penggunaan kafein yang berlebihan dan berbahaya selama periode waktu tertentu sehingga menimbulkan efek negatif pada kesehatan.

Menurut lamanGenpi.co, berhenti minum kopi secara tiba-tiba atau tidak minum kopi sama sekali dalam beberapa hari, mungkin akan membuat Anda merasa sakit kepala, lelah, gelisah, cepat marah, suasana hati buruk, dan sulit berkonsentrasi.

Hal ini bisa mengganggu aktivitas dan pekerjaan Anda.

Dampak tersebut biasanya terjadi pada Anda yang merupakan penggemar berat kopi yang telah terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak dua cangkir atau lebih per hari.

Anda akan merasakan efek kafein paling kuat saat pertama kali mengonsumsi kopi. Pada saat ini, Anda bisa merasakan efek lebih waspada, lebih berenergi, lebih berkonsentrasi dan sebagainya yang membuat pekerjaan Anda sedikit terbantu.

Hal ini membuat Anda ingin minum kopi lagi. Namun, saat Anda sudah sering minum kopi, efek kafein dari kopi mulai sedikit berkurang.

Hal ini terjadi karena tubuh sudah terbiasa dengan kehadiran kafein dan juga karena sudah terjadi perubahan kimia dalam otak Anda.

Alhasil, Anda akan menambah jumlah konsumsi kopi Anda per hari untuk mencapai efek kafein yang Anda inginkan.

Ini mengapa biasanya peminum kopi akan membangun toleransi kafein dari waktu ke waktu yang membuatnya ketergantungan dengan kopi.

Komentar