Lagi, Gugatan Praperadilan Habib Rizieq Ditolak Hakim

Rabu, 17 Maret 2021 19:09

Sidang perdana Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021) mengalami gangguan sinyal sehi...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gugatan praperadilan Rizieq Shihab terkait penangkapan dan penahanan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan ditolak. Ini merupakan penolakan yang kedua setelah pada 12 Januari 2021 lalu hakim menolak praperadilan terkait penetapan tersangka dan penahanan kasus kerumunan di Petamburan.

Sidang praperadilan terkait penangkapan dan penahanan yang diajukan Rizieq Shihab digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (17/3). Pada sidang yang beragenda pembacaan putusan tersebut, Hakim Tunggal Suharno menggugurkan gugatan praperadilan dengan Habib Rizieq Shihab terkait penangkapan dan penahanan oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

“Hakim berpendapat bahwa permohonan praperadilan yang diajukan pemohon haruslah dinyatakan gugur,” kata Suharno dalam persidangan, Rabu (17/3).

Hakim tunggal Suharno berpendapat, gugurnya gugatan praperadilan karena sidang perkara pokok sudah berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Pertimbangan tersebut sesuai dengan pasal 82 ayat (1) huruf d Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Sehingga permohonan praperadilan yang diajukan Rizieq Shihab dinyatakan gugur.

Dengan gugurnya gugatan praperadilan itu, penangkapan dan penahanan Rizieq Shihab dinyatakan sesuai dengan prosedur. Dan kasus yang sedang dijalani Rizieq Shihab tetap dilanjutkan.

Di sisi lain, pengacara Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menilai penafsiran hakim Suharno dalam putusan sidang itu keliru.

“Sebenarnya hakim tadi keliru menafsirkan putusan MK yang dinyatakan apabila perkara praperadilan belum selesai. Yang belum selesai dimaksud dari MK itu belum selesai pemeriksaan tahap demi tahap perkara praperadilan itu,” katanya.

Bagikan berita ini:
7
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar