Lagi, Gugatan Praperadilan Habib Rizieq Ditolak Hakim

Rabu, 17 Maret 2021 19:09

Sidang perdana Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021) mengalami gangguan sinyal sehi...

Dengan gugurnya gugatan praperadilan itu, penangkapan dan penahanan Rizieq Shihab dinyatakan sesuai dengan prosedur. Dan kasus yang sedang dijalani Rizieq Shihab tetap dilanjutkan.

Di sisi lain, pengacara Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menilai penafsiran hakim Suharno dalam putusan sidang itu keliru.

“Sebenarnya hakim tadi keliru menafsirkan putusan MK yang dinyatakan apabila perkara praperadilan belum selesai. Yang belum selesai dimaksud dari MK itu belum selesai pemeriksaan tahap demi tahap perkara praperadilan itu,” katanya.

Sedangkan perkara praperadilan sudah selesai dan sidang sekarang bukan lagi proses pemeriksaan, namun pembacaan putusan.

Alamsyah mengatakan pihaknya berencana akan mengajukan uji materi kepada Mahkamah Konstitusi (MK) tentang hak mengadili perkara praperadilan hakim tunggal pada minggu depan.

Sementara itu, Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Hengki mengatakan hasil praperadilan yang dinyatakan gugur tersebut sesuai dengan peraturan.

“Manakala pokok perkara sudah disidang yang dilaksanakan kemarin di PN Jakarta Timur, maka sesuai aturan yang berlaku praperadilan itu atau permohonan ini belum diputus, maka permohonan pemohon dinyatakan gugur,” katanya.(gw/fin)

Bagikan berita ini:
2
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar