Menko Mahfud MD Bilang Konstitusi Boleh Dilanggar Demi Hal Ini

Rabu, 17 Maret 2021 21:59

Menko Polhukam Mahfud MD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

Artinya, jika sebuah aturan menghambat pada upaya penyelamatan rakyat, aturan itu boleh dilanggar.

Mahfud mengatakan, dalil itu berlaku secara umum di dalam konsitusi yang disebut dengan salus, pupuli, supreme lex.

“Kalau kamu ingin menyelamatkan rakyat, boleh kamu melanggar konstitusi,” kata Mahfud Markas Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Rabu, (17/3).

Prinsip tersebut dipegang pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Contohnya pada program vaksinasi yang saat ini tengah dilakukan secara cepat dan masif untuk menekan kasus positif dan memulihkan ekonomi nasional.

“Menurut hukum anggaran kita harus sekian-sekian untuk ini, sekarang tidak. (Saat ini) Kami ingin menyelamatkan rakyat,” ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat saat ini, kata Mahfud, memakan biaya cukup besar. Hal itu harus dilakukan karena bertujuan menyelamatkan

“Semua provinsi sudah dianjurkan melakukan vaksin dengan cermat dan pemerintah menyediakan fasilitasnya dengan biaya yang mahal untuk menyelamatkan rakyat,” tuturnya.

Pemerintah, sambung Mahfud, telah membuat dua program yang tertuang dalam Perpres Nomor 82. Yaitu perang melawan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dua program tersebut akan berhasil jika dilaksanakan secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat.

Bagikan berita ini:
1
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar