Rapsel Usul Pesantren Jadi Mitra Bisnis Pertashop PT Pertamina

Rabu, 17 Maret 2021 16:56
Belum ada gambar

Rapsel Ali/dok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Anggota Komisi VI DPR RI, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada PT Pertamina untuk  menjalin kemitraan bisnis Pertashop (Pertamina Shop) dengan pesantren. Menurutnya, ini salah satu upaya membantu pesantren serta masyarakat yang ada di sekitarnya.

Pertashop adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Menurut Rapsel, potensi pesantren sangat luar biasa. Alasannya, sebagaimana data hingga 2020 lalu, tercatat ada 28.194 pesantren di Indonesia. Dari jumlah itu, ada lima juta santri mukim. Sementara total jumlah santri se-Indonesia mencapai 18 juta orang. Selain itu, ada juga sekitar 1,5 juta tenaga pengajar.

“Pesantren kita selama ini hanya dianggap sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam. Padahal, ada banyak potensi di sana. Jumlah santri-santri di pesantren itu adalah potensi besar. Pesantren juga harus dilihat sebagai salah satu kekuatan dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya, termasuk ekonomi,” kata Rapsel di Jakarta, Rabu, 17 Maret.

Dengan harga jual Pertashop yang seperti SPBU Pertamina, Rapsel menyebut itu akan sangat membantu santri, pengajar, dan masyarakat sekitar. “Jadi ini akan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan,” ujar politisi Partai NasDem tersebut.

Bagikan berita ini:
2
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar