Begini Cara Jokowi Terus ‘Baweli’ Budi Karya hingga Bandara Toraja Diresmikan

Kamis, 18 Maret 2021 19:21

FAJAR.CO.ID, TORAJA — Ada cerita menarik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di balik peresmian Bandar Udara Tana Toraja hari ini, Kamis (18/3/2021). Bukan sekali dua kali Jokowi bertanya kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi soal kapan selesainya pembangunan bandara tersebut.

Kisah ini disampaikan Jokowi sebagai kalimat awal pidato sambutannya meresmikan Bandara Tana Toraja di hadapan jajaran menteri, Pimpinan dan Anggota DPR dan DPD RI, Plt Gubernur Sulawesi Selatan beserta Bupati Tana Toraja dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan.

“Hampir setiap enam bulan selalu saya tanyakan kepada Menteri Perhubungan, “Kapan bandara, kapan airport di Tana Toraja ini selesai? Kok enggak rampung-rampung?” Dan akhirnya hari ini bisa kita resmikan dan sudah beroperasi. Kita patut bersyukur, alhamdulillah,” kata Jokowi.

Kembali diceritakan, kepada Menhub Budi Karya, Jokowi menanyakan soal besaran anggaran yang dihabiskan dalam proses pembangunan bandara tersebut.

“Saya tadi tanya Pak Menteri, “Habisnya berapa ini bandara?” “Rp800-an miliar. Karena harus memotong tiga bukit.” Tiga bukit dipotong. Tanah yang harus dibuang dari sana, ada enam juta meter kubik. Bandara ini unik sekali, memotong bukit, tiga bukit sehingga runway-nya bisa dibangun. Runway-nya sepanjang 2.000 meter,” ungkapnya lagi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini membuktikan sendiri efektivitas transportasi udara menuju Toraja lewat udara dan mendarat mulus di Bandara Tana Toraja.

Bagikan berita ini:
10
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar