Densus 88 Pindahkan 22 Terduga Teroris dari Jatim ke Jakarta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap 22 orang terduga teroris di wilayah Jawa Timur.

Para terduga teroris itu diberangkatkan dari Surabaya ke Jakarta, Kamis (18/3) pagi, untuk dilimpahkan ke Mabes Polri.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan 22 terduga teroris ini merupakan hasil tangkapan Densus 88 Antiteror di sejumlah wilayah di Jatim, seperti Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro dan Malang.

“Sementara ini yang kami dapat hasil interogasi masuk dalam kelompok JI (Jamaah Islamiyah),” ujarnya.

Brigjen Slamet menambahkan para terduga teroris ini masih dalam satu keterkaitan satu sama lain. Menurut keterangan sementara, mereka belum memetakan target aksi secara pasti, karena masih fokus melakukan perekrutan anggota.

“Dan selama lima tahun mereka mendapatkan 50 orang (anggota) yang bisa dilakukan perekrutan oleh kelompok mereka ini,” katanya.

Pascapenangkapan terhadap para terduga teroris, Polda Jatim akan melakukan penyelidikan dan pemantauan di sekitar lokasi penangkapan secara terus-menerus.

Perwira tinggi Polri bintang satu tersebut menegaskan pihaknya tidak mau kecolongan aksi teror terjadi di wilayah hukumnya.

“Kami pasti rutin melakukan kegiatan pengamanan kewilayahan dari 39 Polres jajaran di Jatim,” kata Wakapolda. (ant/jpnn/fajar)

  • Bagikan