Seluk Beluk Bandara Toraja yang Diresmikan Jokowi, Unik Membelah Tiga Bukit

Kamis, 18 Maret 2021 16:43

Presiden RI, Joko Widodo resmikan Bandara Buntu Kunik Toraja, Sulawesi Selatan.

FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA — Wisatawan yang hendak berkunjung ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kini dapat memanfaatkan fasilitas bandara baru yakni Bandara Buntu Kunik Toraja. Bandara ini terletak di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandara Toraja, pada Kamis (18/3/2021) siang. Jokowi optimis kehadiran Bandara Toraja mampu mendorong sektor ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Tana Toraja dan daerah sekitarnya.

Pengunjung destinasi wisata di Tana Toraja kini punya alternatif jalur udara, selain via darat yang memakan waktu hingga sembilan jam, kini menjadi 50 menit saja.

“Biasanya masyarakat mau ke Toraja menghabiskan waktu 9 jam. Saya tadi coba dengan pesawat ATR hanya 50 menit,” ucap Jokowi dalam sambutannya saat peresmian Bandara Toraja.

Proses pembangunan Bandara Toraja bukan perkara mudah, karena perlu memotong tiga bukit sehingga runway atau landasan pacu sepanjang 2.000 meter bisa dibangun.

Bandara Toraja dibangun untuk menggantikan Bandara Pongtiku di Rantetayo yang tidak memungkinkan untuk dikembangkan.

Bandar udara tersebut bisa dilintasi pesawat jenis ATR 72-500/600. Dengan luas terminal penumpang 1.152 meter persegi. Diprediksi dapat melayani 45 ribu penumpang per tahun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bandara tersebut dibangun untuk mendukung sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya Tana Toraja.

Komentar


VIDEO TERKINI