Bantuan KIP Kuliah Naik

Jumat, 19 Maret 2021 09:15

Mendikbud Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbud

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Skema bantuan untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2021 diubah. Perubahan tersebut disesuaikan dengan anggaran yang dinaikan menjadi Rp2,5 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pihaknya mengubah skema bantuan KIP Kuliah 2021. Perubahan ini sangat berbeda tahun sebelumnya. Bahkan nilai bantuannya pun berubah lebih dari 100 persen.

“Ini merupakan kebijakan yang membuat saya secara pribadi menjadi kebanggaan bagi tim kami di Kemendikbud, yang terjadi sekarang ini semuanya dipatok Rp2,4 juta per semester untuk uang kuliah,” katanya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Kamis (18/3).

Dijelaskannya, dengan bantuan yang dipatok senilai Rp2,4 juta tentunya menjadi kesulitan bagi mahasiswa tak mampu yang berprestasi. Sebab banyak kampus yang biaya kuliahnya mencapai Rp10 juta per semester dan banyak yang lebih baik yang biaya kuliahnya jauh lebih tinggi.

“Jadi apa yang terjadi selama ini, kita ini bikin KIP Kuliah untuk mobilitas sosial, untuk meningkatkan kemampuan anak-anak kita agar bisa bermimpi besar. Tapi kalau semuanya dipagu Rp2,4 juta per semester apa yang terjadi, anak yang kurang mampu tapi berprestasi menjadi tidak percaya diri. Jadi mereka keburu kalah duluan, jadi mereka memilih kampus yang biayanya masih masuk dalam KIP Kuliah itu,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
6
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar