Isu Presiden 3 Periode, Ini Penilaian Iman Saleh kepada Amien Rais

Jumat, 19 Maret 2021 10:02
Belum ada gambar

Amien Rais. Foto: dok/JPNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik Iman Saleh menilai sikap Amien Rais yang menuding ada amandemen UUD 1945 untuk memuluskan langkah Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode hanya untuk mencuri panggung.

“Ketika kontestasi 2024 sebentar lagi, dia tidak mau ketinggalan sebagai tokoh reformasi,” kata Imam dalam keterangannya, Kamis (18/3).

Pengamat politik dari Magnum Opus Research and Political Consulting itu menilai Amien Rais tak ingin ketinggalan kereta di usianya yang sudah lebih 70 tahun.

Amien, kata dia, bersikap demikian karena generasi politik yang seusia dengannya sudah turun panggung, sementara dirinya belum mendapatkan apapun.

“Sekarang dia ribut-ribut soal masa jabatan presiden, toh pada masa dia menjadi Ketua MPR amandemen itu dilakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Amien Rais menuding bahwa akan ada agenda atau skenario mengubah ketentuan dalam UUD 1945 terkait masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Amien mengatakan, skenario itu akan berlangsung dengan cara menggelar Sidang Istimewa MPR untuk mengamandemen konstitusi negara.

Namun, apa yang disampaikan Amien itu kemudian dibantah dengan tegas oleh Presiden Jokowi, yang mengatakan sama sekali tidak ada niat untuk maju di periode ketiga.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak juga berminat menjadi presiden tiga periode,” kata Jokowi, seperti dikutip dari tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/3). (jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
6
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar