Korban Covid-19 Dapat Santunan Rp5 Juta

Jumat, 19 Maret 2021 14:00

TELADAN UMAT: Vaksinasi Covid-19 berlangsung di Balai Yos Sudarso, Jakarta. Sasarannya adalah para tokoh lintas agama. (...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Vaksinasi dan pembatasan kegiatan masyarakat diklaim berhasil menurunkan kasus Covid-19. Jika program-program positif tersebut berjalan dengan konsisten, pada Maret 2022 kasus penularan Covid-19 diprediksi bakal makin landai.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Terbuka (UT) Prof Ali Muktiyanto.

Dia membuat perhitungan prediksi selesainya pandemi Covid-19 di Indonesia berdasar grafik kasus terkini.

Ali mengatakan, berdasar grafik kasus positif harian per 17 Maret 2021, terlihat tren penularan yang menurun. Di sisi lain, pasien yang sembuh makin banyak. Dia memperkirakan, tanpa ada langkah-langkah yang luar biasa dari pemerintah, kasus Covid-19 di Indonesia kembali landai pada Maret 2022.

”Kalau kita ukur gambar (grafik, Red) positif harian, untuk menuju landai seperti Maret tahun lalu, kita butuh satu Maret lagi di depan,” katanya dalam The 16th Knowledge Sharing Forum (KSF) UT kemarin (18/3). Namun, dengan adanya vaksinasi, pembatasan kegiatan masyarakat, dan penegakan protokol kesehatan, diharapkan kasus Covid-19 bisa landai lebih cepat. ”Semua berharap pandemi cepat selesai,” tuturnya.

Prediksi tersebut berbanding lurus dengan data terkini yang disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Wiku mengatakan, saat ini penularan di tengah masyarakat sedikit menurun. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah pemeriksaan (tes) mingguan yang terus meningkat, tapi tidak diikuti dengan peningkatan kasus positif.

Komentar


VIDEO TERKINI