Kuasa Hukum Habib Rizieq Walk Out, Begini Respons PN Jakarta Timur

Jumat, 19 Maret 2021 22:57

FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim kuasa hukum yang mendampingi Habib Rizieq pada sidang beragendakan pembacaan dakwaan dibatasi. Pembatasan karena mencegah penyebaran COVID-19.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur membatasi jumlah tim kuasa hukum yang mendampingi terdakwa Rizieq Shihab.

Menurut Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur Alex Adam Faisal, Majelis Hakim membatasi jumlah tim kuasa hukum yang mendampingi Habib Rizieq Shihab.

Pembatasan karena pengurangan jumlah kapasitas ruang sidang demi mencegah penyebaran COVID-19, serta menjalankan Pergub nomor 3 tahun 2021.

“Kaitannya dengan jadwal hari ini, di mana persidangan yang berlangsung sebelumnya kuasa hukum daripada terdakwa HRS kurang lebih mencapai 80 orang. Sehingga hal tersebut sangat riskan terhadap kerumunan,” kata Alex di PN Jakarta Timur, Jumat (19/3).

Dijelaskannya, di ruang sidang jumlah kursi yang disediakan bagi jaksa penuntut umum dan tim kuasa hukum dibatasi hanya enam perwakilan.

Tujuannya mencegah terjadinya kerumunan. Namun, tim kuasa hukum Rizieq Shihab tetap bersikeras untuk hadir seluruhnya di ruang sidang.

“Karena tidak ada titik temu dan persidangan sudah dibuka akhirnya terhadap persidangan nomor perkara 221 dan 226 dengan terdakwa Rizieq penasihat hukum tidak hadir di persidangan,” ujarnya.

PN Jakarta Timur hari ini menggelar sidang dengan agenda membacakan dakwaan lima perkara, tiga di antaranya untuk terdakwa Rizieq Shihab, yang seharusnya dijadwalkan pada Selasa (16/3) lalu. Kelima perkara itu tertera dengan nomor 221, 222, 224, 225 dan 226.

Bagikan berita ini:
2
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar