Lindungi Petani, Mentan Syahrul Yasin Limpo Minta Bulog Maksimal Serap Gabah

Jumat, 19 Maret 2021 22:12

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Humas Kementan

Syahrul mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen turut aktif menjaga harga jual gabah petani. “Kami bantu petani semaksimalnya,” tegasnya.Menurut dia, salah satu langkah yang dilakukan Kementan adalah membentuk Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani.

Pembentukan tim ini dituangkan dalam surat Menteri Pertanian Nomor 28/TP.100/M/03/2021.

“Saya meminta jajaran Kementerian Pertanian untuk membentuk Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani guna menstabilkan harga gabah di tingkat petani,” kata Syahrul.

Tim Terpadu ini terdiri dari Kementan, Perum Bulog, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kodim, Polres, Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi), serta Komando Strategi Penggilingan Padi (Kostraling).

Tim ini akan membeli gabah di tingkat petani sesuai HPP. Berdasar laporan di lapangan, kata Syahrul, tim sudah mulai bekerja.

Dia mencontohan seperti di Sragen, Jawa Tengah, tim menyerap gabah petani 17.580 ton, di Banten 53 ribu ton, dan di sentra-sentra produksi padi lain.

Menurutnya, langkah serap gabah ini akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, sehingga penurunan harga akibat panen raya bisa diantisipasi dan dapat memenuhi cadangan beras pemerintah.

Bagikan berita ini:
10
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar