Mahasiswa Terima Rp12 Juta Per Semester, Anggaran KIP Kuliah Naik

Jumat, 19 Maret 2021 11:38

Mendikbud Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbud

”Dari sisi fatality rate, orang muda, apalagi anak-anak, sangat-sangat kecil. Semua riset global menunjukkan bahwa rate infection anak-anak lebih rendah daripada orang-orang dewasa atau yang lebih dewasa,” paparnya. Karena itu, vaksinasi tahap awal untuk guru dan tenaga kependidikan sudah tepat.

Dia menegaskan, sekolah atau satuan pendidikan wajib memberikan opsi layanan pembelajaran tatap muka terbatas setelah vaksinasi rampung nanti. Tak masalah bila tidak penuh dalam satu minggu. Namun, PTM harus segera dimulai di seluruh sekolah. ”Boleh saja buka dua hari dalam seminggu. Tapi, opsi tatap muka wajib dilaksanakan,” ungkap mantan bos Gojek tersebut.

Kendati begitu, Nadiem memastikan, ketika sekolah tatap muka dimulai, orang tua tetap diberi kebebasan untuk memilih. Mereka berkenan anaknya belajar tatap muka atau tidak. Bila tidak, tentu sekolah harus sanggup mengadakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kemudian, sekolah yang akan melakukan PTM wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan pembelajaran tatap muka terbatas. Lalu, warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol dilarang mengikuti PTM terbatas itu.

Nadiem juga meminta kepala satuan pendidikan, pemerintah daerah, dan kanwil Kemenag untuk memantau pelaksanaan PTM. Bila ditemukan kasus konfirmasi positif, PTM terbatas tersebut wajib dihentikan sementara.

Dalam kesempatan yang sama, alumnus Harvard University tersebut turut menjabarkan soal kebijakan kartu Indonesia pintar kuliah (KIPK). Nadiem mengungkapkan, kebijakan itu mengalami beberapa perubahan. Pertama, bila sebelumnya besaran KIPK dipukul rata untuk semua mahasiswa, mulai tahun ini tidak lagi. Mahasiswa tak lagi menerima bantuan Rp 2,4 juta per semester. ”Sebelumnya, semua anak mau masuk universitas apa pun diberi standar Rp 2,4 juta per semester. Padahal, ada sekolah yang sampai Rp 10 juta, Rp 12 juta per semester, dan ada yang lebih tinggi,” jelasnya.

Komentar