Tjahjo Kumolo: Analoginya Tiga Pekerjaan Dikerjakan Satu Orang

Jumat, 19 Maret 2021 09:28

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, Tjahjo Kumolo (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, kesejahteraan PNS ke depan akan lebih baik.

Mereka akan diberi berbagai macam tunjangan yang jumlahnya melebihi dari sekarang. Untuk mencapai itu, kata Tjahjo, upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan memangkas birokrasi. Badan/lembaga yang tumpang tindih dibubarkan.

Begitu juga dengan pengalihan eselon III, IV, dan V ke jabatan fungsional.

“Itu semua otomatis mengurangi jumlah PNS,” kata Tjahjo Kumolo melalui video yang diterima JPNN.com, Kamis (18/3).

Dijelaskannya, ke depan akan ada pengurangan jumlah PNS. Artinya PNS yang pensiun contohnya jabatan guru dan dokter, tidak akan diisi lagi oleh PNS tetapi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Namun, sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), kebijakan ini jangan sampai mengurangi produktivitas aparatur sipil negara (ASN) sebagai pelayan publik.

Di sisi lain, pengurangan ASN PNS ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai. PNS juga akan lebih lincah bergerak dan profesional.

Dia mencontohkan profesi jurnalis yang bisa bekerja rangkap sebagai pewarta, pembuat video atau fotografer.

“Analoginya tiga pekerjaan dikerjakan satu orang. Otomatis terjadi efektivitas,” terangnya.

Sebagai reward atas pekerjaan itu ada tambahan tunjangan bagi yang bersangkutan. Jadi kata Tjahjo, penilaian PNS akan lebih profesional.

Komentar