Berdiri Sejak 1890, Bola Soba Bone Riwayatmu Kini!

Sabtu, 20 Maret 2021 11:40

Bola Soba

FAJAR.CO.ID, BONE — Riwayat Saoraja atau Bolasoba yang dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Besar atau Rumah Persahabatan merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone masa lalu. Sarat nilai-nilai sejarah dari kehidupan di masa lampau, tepatnya tahun 1890.

Ya, Bolasoba ini telah berdiri sejak lebih dari 100 tahun lalu. Bola Soba dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri, sebagai tempat tinggal raja.

Rumah panggung monumental di jantung kota Watampone, Provinsi Sulawesi Selatan itu kini tinggal puing setelah dini hari tadi, Sabtu (20/3/2021) dilalap si jago merah. Penyebab kebakaran masih ditelaah pihak terkait.

Bangunan dengan mayoritas bahan baku kayu itu terletak Jalan Latenritatta, Kabupaten Bone. Berdiri di atas lahan seluas 1 hektare, sejatinya Bolasoba hanya menjadi ikon bangunan rumah panggung tradisional ala masyarakat bugis Bone. Hanya ada papan nama di depan bangunan serta gapura yang mempertegas identitas bangunan tersebut.

Dilansir dari situs resmi Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, dalam Bolasoba tak ada benda-benda monumental yang bisa menjelaskan secara hirarki dan historis bangunan tersebut.

Hanya beberapa perlengkapan properti kesenian, seperti kostum tari dan gong. Jika hari-hari biasa Bolasoba ini menjadi tempat pelatihan sanggar-sanggar seni yang ada di kota Bumi Arung Palakka, seperti misalnya menari adat, hingga teater bagi anak-anak sanggar.

Komentar


VIDEO TERKINI