Bupati Bone Pastikan Rehab Total Bola Soba

Sabtu, 20 Maret 2021 13:23

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi meninjau Rumah Adat Bola Soba yang terbakar, Sabtu (20/3/2021). (AGUNG/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi langsung meninjau Rumah Adat Bola Soba yang terbakar, Sabtu (20/3/2021) pukul 02.30 Wita dini hari.

Persoalan penyebab kebakaran Fahsar menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk menyelidikinya. “Kita tunggu hasil penyelidikan dari polisi terkait penyebab kebakaran,” katanya.

Bupati Bone dua periode ini pun berencana merehab kembali Bola Soba. Sebab, Bola Soba memiliki nilai sejarah. Namun, harus dibicarakan kepada budayawan dan para ahli terkait desainnya.

“InsyaAllah akan direhab. Mudah-mudahan tahun depan bisa. Harus di desain kembali. Harus dipikirkan juga untuk mendapatkan bahan kayu ulinnya,” ucapnya.

Diakuinya untuk model pembangunannya ke depan diupayakan tetap sama. Kalaupun ada perubahan, jadinya lebih besar. “Yang pasti tidak mengurangi nilai sejarah dan model Bola Soba,” sebut Fahsar.

Saat meninjau Fahsar didampingi oleh Dandim 1407 Tauwarani Letkol Kav Budiman, Kapolres Bone AKBP Try Handako, Kajari Bone Aksyam, Sekda Bone Andi Islamuddin dan beberapa kepala OPD. (agung/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI