Impor 1 Juta Ton Beras, Hasto Kristiyanto: Banyak Pemburu Rente

Minggu, 21 Maret 2021 17:32

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut banyak pemburu rente di belakang impor.

Hal itu dikatakan Hasto menanggapi rencana impor satu juta ton beras oleh Kementerian Perdagangan.

“Menteri Perdagangan tidak boleh melakukan suatu tindakan yang pragmatis hanya untuk impor. Saya tahu di belakang impor itu banyak pemburu rente,” kata Hasto usai acara gerakan tanam pohon di Waduk Rawa Lindung, di Jakarta, Minggu (21/3).

Dia menyebut, semangat yang dilakukan saat ini adalah membangun kedaulatan pangan di dalam negeri karena Indonesia memiliki sumber pangan melimpah.

Untuk itu, sejak setahun terakhir PDIP melakukan gerakan menanam tanaman pengganti beras, di antaranya umbi-umbian, ketela, sukun, dan pisang.”Karena itulah sikap PDIP, kami menolak imporberas,” tegas dia.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berencana melakukan impor beras sebanyak satu juta ton karena pasokan berkurang. Rencana kebijakan impor beras itu pun mengundang polemik.

Bulog mencatat stok beras saat ini mencapai sebesar 869.151 ton. Stok itu terdiri atas stok komersial sebesar 25.828 ton dan cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 843.647 ton.

Bagikan berita ini:
10
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar